Kamis, 30 Juni 2011

Kafein Dapat Picu Kemandulan Pada Wanita


Banyak rumor yang berkembang dimasysrakat luas tentang efek buruk dari kafein, salah satunya adalah menyebabkan kemandulan pada wanita. Namun selama ini belum ada riset atau penelitian yang secar jelas membahas hal tersebut. Mungkin artikel dibawah ini bisa menjelaskan tentang efek buruk kafein bagi kesuburan wanita. Penelitian Fakultas Kedokteran dari University Nevada membuktikan kafein berbahaya bagi kesehatan wanita. “Bisa menggangu kesuburan wanita,” kata Peneliti Utama Sean Ward kepada MyHealthNewsDay, 26 Mei 2011.

Menurut Ward, konsumsi kafein bisa mengurangi aktivitas otot-otot di saluran telur wanita, terutama dalam membawa ovum menuju indung telur. “Kafein menghambat kontraksi otot sehingga telur tidak bisa dibuahi,”katanya. Artinya, perempuan itu mandul.

Penelitian Ward didapat dari hasil uji coba pada kesuburan tikus yang diyakini serupa dengan manusia. Ini menguatkan temuan sebelumnya yang diterbitkan pada 1993 di American Journal of Epidemiology. Penelitian ini menyebutkan tiga cangkir kopi sehari bisa menurunkan kemungkinan kehamilan sebesar 27 persen.

Namun, penelitian Ward tidak sepenuhnya terfokus pada kafein yang terkandung dalam kopi. “Kafein di sini secara umum,” katanya. Jadi, konsumsi kafein dalam makanan apa pun bisa meningkatkan risiko kemandulan. Kini Ward berencana melakukan penelitian baru tentang seberapa banyak kafein yang bisa membuat wanita mandul.
/tipsehat.net/

0 komentar:

Posting Komentar