Selasa, 31 Mei 2011

Antara Obat tradisional, Jamu & Herbal (pengertian & perbedaannya)


Kita ketahui bersama bahwa akhir akhir ini istilah herbal memang lagi naik daun, dibeberapa tempat lagi marak orang mencoba pengobatan herbal. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal diantaranya ketakutan yang berlebihan akan side effect (efek samping) obat kimia padahal ternyata menurut kajian terbaru beberapa herbal juga memiliki efek samping, ada juga yang mencari usaha lain untuk mengatasi masalah kesehatan yang dideritanya setelah berbagai cara pengobatan dilakukan tetapi belum menemukan solusi, mungkin juga pertimbangan dana, bisa jadi dari sisi biaya yang lebih murah. Lalu muncul toko yang menjual produk herbal, ada yang 100% menjual herbal, ada toko palugada (apa lo mau gua ada) meskipun menjual baju, toko buku tetapi memasang rak yang berisi produk herbal, bahkan ada juga toko pulsa/voucher HP, toko jam memiliki etalase yang menjual produk herbal, kemudian muncul klinik herbal, balai pengobatan herbal, muncul juga rumah makan dengan resep herbal, café yang menyediakan minuman khusus herbal. Kemudian banyak orang yang latah mendirikan usaha produksi herbal karena melihat peluang usaha ini menjanjikan, tanpa memperhatikan aspek kualitas, aspek legalitas, keamanan produk dan lainnya, asal dilihat produk tertentu dipasar laris, langsung diproduksi.

Pertanyaanya adalah apakah benar yang dikonsumsi, yang dijual, yang diproduksi tersebut adalah herbal?. Jika ini saya tanyakan kepada anda, akan banyak jawaban yang muncul, tetapi saya yakin sebagian besar anda pasti akan menjawab benar bahwa itu produk herbal, karena sudah dikemas modern, jadi kalau kemasannya sudah modern yakni pil, kapsul, kaplet, trus dimasukkan ke botol, diberi label dan segel yang menarik apalagi ditempel hologram keaslian produk karena ternyata sekarang ini marak pemalsuan produk tradisional, maka sudah bisa dipastikan bahwa itu herbal, tapi kalau masih dijual dalam bentuk sederhana, seperti jamu gendong, jamu godok, berbentuk rajangan maka itu jamu. Jadi herbal saat ini sudah menjadi istilah umum untuk obat tradisional yang sudah dikemas modern.

Sampai disini, pasti anda masih yakin 100% bahwa yang anda minum adalah herbal. Padahal menurut saya yang kita bahas diatas bukanlah herbal, tetapi jamu. Lho kok bisa seperti itu? Menurut saya sebutan herbal untuk obat tradisional yang dikemas modern adalah sebutan yang salah kaprah, atau minimal sebutan yang salah benar (bisa salah, bisa benar). Baiklah mari kita bahas istilah istilah berikut ini, dimana istilah ini merupakan istilah standar ditetapkan oleh BPOM.

Pertama, Obat tradisional, adalah ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian atau campuran dari bahan tersebut, yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman.

Kedua, Jamu, adalah obat tradisional yang disediakan secara tradisional dalam bentuk serbuk seduhan, pil, dan cairan yang berisi bahan tanaman yang menjadi penyusun jamu tersebut serta digunakan secara tradisional. Jamu biasanya dibuat dengan mengacu pada resep peninggalan nenek moyang yang disusun dari 5-10 macam tanaman obat bahkan lebih. Jamu tidak memerlukan pembuktian ilmiah sampai dengan klinis, tetapi cukup dengan bukti pengalaman, yakni digunakan secara turun-menurun selama berpuluh-puluh tahun bahkan mungkin ratusan tahun dan manfaat secara langsung untuk tujuan kesehatan tertentu. Tetapi meskipun demikian jamu tidak cukup dengan terbukti berkhasiat saja, tetapi harus aman sesuai persyaratan yang ditetapkan BPOM dan memenuhi persyaratan mutu yang berlaku. Karena meskipun terbukti berkhasiat, belum tentu aman dan bermutu.

Ketiga, Obat Herbal Terstandar, adalah obat tradisional yang disajikan dari ekstrak atau penyarian bahan alam yang dapat berupa tanaman obat, hewan, maupun mineral. Untuk melaksanakan proses ini membutuhkan peralatan yang lebih kompleks dan berharga mahal, ditambah dengan tenaga kerja yang mendukung dengan pengetahuan maupun ketrampilan pembuatan ekstrak.

Selain proses produksi dengan teknologi maju, jenis ini pada umumnya telah ditunjang dengan pembuktian ilmiah berupa penelitian-penelitian praklinik seperti standart kandungan bahan berkhasiat, standart pembuatan ekstrak tanaman obat, standart pembuatan obat tradisional yang higienis, dan uji toksisitas akut maupun kronis. Jadi obat herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah di standarisasi.

Keempat, Fitofarmaka, adalah obat tradisional dari bahan alam yang dapat disejajarkan dengan obat modern karena proses pembuatannya yang telah terstandar, ditunjang dengan bukti ilmiah sampai dengan uji klinik pada manusia. Dengan uji klinik akan lebih meyakinkan para profesi medis untuk menggunakan obat herbal di sarana pelayanan kesehatan. Jadi Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik, bahan baku dan produk jadinya telah di standarisasi.

Sampai disini apakah anda masih yakin 100% bahwa yang anda minum adalah herbal. Jangan-jangan yang anda minum bukan obat herbal, tetapi jamu meskipun kemasannya sudah modern. Karena produk Obat Herbal Terstandar yang beredar dipasaran saat ini masih sedikit seperti Fitolac, Diabmeneer Glucogarp, Diapet, Fitogaster, Ho Stimuno, Irex Max, Kiranti Sehat Datang Bulan dan belasan merk lainnya. Apalagi Fitofarmaka, sepanjang yang saya ketahui jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari yakni Stimuno, Tensigarp, Nodia, Rheumaneer, Agromed, X-Gra.

Disamping itu mudah mudahan anda juga sudah berubah keyakinan, selama ini selalu menganggap bahan herbal pasti berasal dari tumbuhan, ternyata obat herbal juga bisa dibuat dari unsur hewan.

Kesimpulannya adalah obat tradisional yang banyak beredar dipasar yang selama ini orang menyebut dengan herbal, ternyata adalah jamu. Cara membedakannya sangat gampang, BPOM sudah membuat aturan tentang logo obat tradisional sebagai berikut :

Mulai saat ini perhatikan baik baik, setiap anda membeli obat tradisional, perhatikan kemasan, maka anda sudah bisa membedakan apakah itu jamu, obat herbal terstandar atau fitofarmaka


http://www.andalusiaherba.com/2010/03/maaf-andalusia-tidak-menjual-herba/

8 komentar:

Jual Obat Viagra Asli Di Bandung 081322200881 mengatakan...

TOKO MENJUAL OBAT KUAT, OBAT PEMBESAR PENIS, OBAT PERANGSANG WANITA

JUAL OBAT PEMBESAR PENIS VIMAX


Jual Pembesar Penis

ALAT BANTU SEKS PRIA DEWASA

OBAT PERANGSANG WANITA

OBAT KUAT SEX

ALAT BANTU SEKS

MAINAN SEX PRIA KESEPIAN BONEKA FULL BODY

OBAT PENYUBUR SPERMA, MENAMBAH AIR MANI

OBAT PELANGSING BADAN

ALAT BANTU SEX WANITA

JUAL OBAT PEMBESAR PENIS

OBAT KUAT PRIA

JUAL PEMBESAR PENIS

JUAL PEMBESAR PENIS VIMAX

OBAT PENGGEMUK BADAN KIANPIL GINGSENG

OBAT KUAT HERBAL

OBAT PENGHILANG TATTO PERMANEN

JUAL OBAT PERANGSANG WANITA

OBAT KUAT SEX

JUAL OBAT PEMBESAR PENIS PALING AMPUH

OBAT PEMBESAR ALAT VITAL PRIA

RAJANYA OBAT KUAT HERBAL LAVITRA

JUAL OBAT PEMBESAR PENIS

PEMBESAR PENIS



Unknown mengatakan...

MAU CARI PRODUK PASUTRI TERLENGKAP ADA DIBAWAH INI GAN

* VigrX Asli

* Vimax Canada Asli

* Vakum pembesar penis alami

* Celana pembesar penis Pria

* Obat Pembesar Penis Maxman Usa

* Obat pembesar penis permanen neosize xl asli

* Alat bantu sex Pria onani

* Alat bantu sex pria vagina getar center

* Alat bantu sex vagina pantat

* Alat bantu sex vagina Pinggul

* Alat bantu sex boneka cantik jepang

* Alat bantu sex Penis Pretty Love Getar

* Alat bantu sex Vibrator Lidah Getar

* Alat bantu sex Penis Untuk Lesbian

* Alat bantu sex penis getar goyang mutiara

* Alat bantu sex wanita penis getar jumbo

* Kondom getar silikon

* Kondom silikon manual bergerigi

* Vakum pembesar payudara wanita

* Obat pembesar payudara

* Obat kuat sex pria

Anonim mengatakan...

Thanks for posting this info. I just want to let you know that I just check out your site and I find it very interesting and informative. I can't wait to read lots of your posts
penghilang tato
pembesar alat vital
jual obat aborsi
selaput darah buatan
The posts that I’ve been waiting for from fro to seek social bookmarking and met in this blog
Baca Selengkapnya Disini…

JUAL OBAT ABORSI TANGERANG mengatakan...

obat aborsi bekasi
obat aborsi malang
obat aborsi pekanbaru
jual obat aborsi
-Can be very slow but shows all backlinks along with their PR, Anchor and if it's a Nofollow

JUAL OBAT ABORSI TANGERANG mengatakan...

sir thank you, I’ve visited your blog and I have read the article from the beginning to the end, thank you sir I got a good lesson, may be useful for me, thank you sir hope your job will be a blessing.
Best wishes

his blog is a great source of information which is very useful for me.

Jual Obat Aborsi Pekanbaru

Jual Obat Aborsi Bekasi

Jual Obat Aborsi malang

Jual Obat Aborsi

Obat Aborsi semarang

Obat Aborsi yogyakarta

Obat Aborsi solo

Obat Aborsi

-Can be very slow but shows all backlinks along with their PR, Anchor and if it's a Nofollow

jual obat aborsi bekasi mengatakan...


This blog is a great source of information which is very useful for me.

JUAL OBAT ABORSI SURABAYA

JUAL OBAT ABORSI JAKARTA

JUAL OBAT ABORSI

JUAL OBAT ABORSI BOGOR

-Can be very slow but shows all backlinks along with their PR, Anchor and if it's a Nofollow

Unknown mengatakan...

Obat Aborsi ,

Cara Menggugurkan Kandungn ,

Obat Penggugur Kandungn ,

Jual Obat Aborsi ,

Obat Penggugur Kandungan mengatakan...


This blog is a great source of information which is very useful for me.

cara menggugurkan kandungan


obat penggugur kandungan


obat aborsi malang


-Can be very slow but shows all backlinks along with their PR, Anchor and if it's a Dofollow

Posting Komentar