Senin, 11 Juli 2011

(Tips Menjaga Nikmat Sehat)

Oleh: Abu Umar Ibrahim
Sesungguhnya nikmat Allah Ta’ala sangatlah banyak. Seseorang tidak akan sanggup jika diminta untuk menghitungnya. Dengan nikmat-Nya kita bisa hidup dan menikmati alam ini. Matahari yang bersinar, rembulan yang bercahaya, udara yang sejuk, merdunya kicauan burung, aneka tetumbuhan dan hewan ternak, semuanya merupakan anugerah Ilahi yang tak ternilai. Semuanya Allah Ta’ala ciptakan untuk kita, manusia. Segala puji bagi Allah Ta’ala, Dzat yang telah menganugerahkan segala nikmat kepada kita.







Salah satu nikmat yang sering dilalaikan oleh manusia adalah nikmat sehat. Hal ini sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah bersabda:
“Ada dua kenikmatan yang dilalaikan oleh kebanyakan manusia, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.” (HR. al-Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas )

Saudaraku kaum muslimin,
Coba lihatlah diskotek dan tempat-tempat hiburan, siapa yang paling banyak menghabiskan waktunya di sana? Lihatlah tempat maksiat, siapa yang melariskannya? Orang-orang sehat, bukan?
Subhanallah. Sungguh benar apa yang disabdakan Rasulullah n, bahwa kesehatan merupakan nikmat yang sering dilalaikan oleh manusia, padahal nikmat sehat sangatlah mahal. Dengan nikmat ini, kita bisa menikmati berbagai hal yang dihalalkan oleh Allah Ta’ala. Baik nikmat berupa makanan, minuman, atau berbagai aktifitas yang terasa nyaman dan menyenangkan.
Berikut ini kami sampaikan 5 tips yang sebaiknya dilakukan oleh setiap muslim saat diberi nikmat sehat. Semoga bermanfaat.
1. Mensyukuri nikmat kesehatan tersebut.
Syukur nikmat dilakukan dengan hati, lisan, dan anggota badan. Syukur hati dilakukan dengan cara meyakini bahwa Allah Ta’ala adalah satu-satunya Dzat yang memberinya kesehatan. Syukur lisan dilakukan dengan cara mengakui kenikmatan tersebut dan melafalkannya serta memuji Allah Ta’ala, misalnya dengan mengucapkan alhamdulillah. Adapun syukur dengan anggota badan dilakukan dengan mempergunakan nikmat kesehatan itu dalam perkara-perkara ketaatan dan menghindarkannya dari kemaksiatan. Allah Ta’ala berfirman:
“Jika engkau bersyukur, maka sungguh Allah akan menambahkan nikmat-Nya, dan jika kamu kufur maka sungguh azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7)
2. Memanfaatkan masa sehat, sebelum datang masa sakit.
Semangat dalam menjalankan kebaikan dan hal-hal yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat di saat sehat, itulah yang dituntut dari diri kita masing-masing. Sungguh, benar-benar tertipu orang yang mempergunakan waktu sehat untuk bermaksiat dan hal-hal yang tidak bermanfaat.
Pergunakanlah kesehatanmu untuk beribadah kepada Allah Ta’ala. Manfaatkanlah anggota tubuhmu untuk rukuk, sujud, dan berdoa kepada Allah Ta’ala. Janganlah engkau gunakan untuk beribadah kepada selain Allah . Dan jangan pula mengundang kemurkaan Allah . Sesungguhnya azab Allah l sangatlah pedih.
http://majalahmuslimsehat.com/majalah/teropong-manfaatkan-masa-sehatmu-sebelum-masa-sakitmu.html

0 komentar:

Posting Komentar