Jumat, 30 September 2011

Kandungan Gizi Buah Lengkeng

Kandungan Gizi Buah Lengkeng mentah dan dikeringkan




Lengkeng merupakan buah musiman. Buah ini biasanya dijual lengkap dengan tangkainya dan biaanya dibungkus dengan "jala".

Lengkeng (juga disebut kelengkeng, matakucing, atau longan, Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae) adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara.

Nama lain :
Buah ini dikenal sebagai lengkeng atau Longyan dalam bahasa Inggris, di Cina disederhanakan: 龙眼; tradisional Cina: 龙眼; Mandarin Pinyin: lóngyǎn; Jyutping: lung ngaan; harfiah "naga mata", dalam bahasa Vietnam: Long Nhan / Nhan, dalam bahasa Melayu: kucing mata, di Sinhala: Mora atau lengkeng, di Thailand: Yai Lam ลำไย, di Filipina: Lengkeng.

Pohon lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m.

Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1-20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5-20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.

Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), 4-80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm.

Buah bulat, coklat kekuningan, hampir gundul; licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus)tipis berwarna putih dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terkadang berbau agak keras.

Buah-buah ini terutama dimakan dalam keadaan segar. Buah lengkeng, terutama yang berdaging tebal dan besar, dikalengkan dalam sari buahnya di Thailand, Taiwan dan Tiongkok, baik ditambah gula maupun tidak. Lengkeng juga dikeringkan, untuk dijadikan bahan pembuat minuman penyegar.

Seperti halnya lerak, biji lengkeng yang mengandung saponin kadang-kadang dimanfaatkan untuk mencuci rambut. Biji, buah, daun dan bunga lengkeng juga digunakan sebagai bahan obat tradisional, terutama dalam ramuan Tiongkok. Daunnya mengandung quercetin dan quercitrin.

Kayu lengkeng dan kayu bedaro(Dimocarpus malayensis) merupakan kayu yang cukup baik untuk konstruksi ringan dalam rumah dan bahan perkakas.

Kandungan Gizi Lengkeng - Kelengkeng per100 gram :
kalori 60 kcal
15 grams karbohidrat
1.3 grams protein
1.1 gram serat
83 grams air
Vitamin B1 (Thiamine) 0,031 mg
Vitamin B2 (riboflavin) 0,14 mg
Vitamin B3 (Niasin) 0,3 mg
Vitamin C 84 mg
Kalsium 1 mg
Besi 0,13 mg
Mangan 0,05 mg
Magnesium 10 mg
Fosfor 21 mg
Kalium 266 mg
Seng 0,05 mg

Kandungan Gizi Lengkeng - Kelengkeng per100 gram dikeringkan :
Kalori 285 kcal
74 grams karbohidrat
5 grams Protein
0.4 gram Lemak
17.6 gram air
Vitamin B1 (tiamin) 0,04 mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,5 mg
Vitamin B3 (Niasin) 1 mg
Vitamin C 28 mg
Kalsium 45 mg
Besi 5.4 mg
Mangan 0,248 mg
Magnesium 46 mg
Fosfor 196 mg
Kalium 658 mg
Seng 0,22 mg
sumber : http://www.buzzle.com/articles/longan-nutrition-facts.html

0 komentar:

Posting Komentar