Jumat, 30 September 2011

Kangkung


Kangkung dikenal juga dengan Water Spinach, Water Morning Glory, Water Convolvulus, Swamp cabbage (Ipomoea aquatica Forsk.), juga dikenal sebagai Ipomoea reptans. merupakan sejenis tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan di tanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.
Kangkung ini ditemukan di seluruh daerah tropis dan subtropis di dunia, tidak diketahui persis di mana ia berasal.
Ada dua bentuk kangkung. Kangkung mempunyai daun yang licin dan berbentuk mata panah, sepanjang 5-6 inci. Tumbuhan ini memiliki batang yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada pangkal daun. Tumbuhan ini bewarna hijau pucat dan menghasilkan bunga bewarna putih, yang menghasilkan kantung yang mengandung empat biji benih. Terdapat juga jenis daun lebar dan daun tirus.
Masakan yang populer yang menggunakan kangkung adalah kangkung goreng belacan. Kangkung juga merupakan makanan salah satu spesies hewan Chersina, atau kura-kura.

kandungan air kangkung 32,3 g (pada penyajian 34 g) yang artinya banyak sekali kandungan airnya.

Kalau kalorinya sih kecil keliatannya, jadi gak usah takut kegemukan karena kangkung. Vitaminya cukup lengkap tuh cuma nda ada vitamin D nya.


Kangkung juga merupakan sumber protein yang baik, Folat, Asam Pantothenic dan tembaga, dan sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin C, vitamin E (alfa tokoferol), Vitamin K, Tiamin, Riboflavin, Vitamin B6, Kalsium, Magnesium, Fosfor , Kalium dan mangan. Daftar lengkap status gizi ada ditabel dibawah (klik tabel untuk memperbesar).



0 komentar:

Posting Komentar